Wednesday, June 19, 2019

tujuan islamisasi ilmu




Dengan adanya islamisasi ilmu pengetahuan diharapkan nantinya akandihasilkan sebuah sains Islam yang didasarkan pada al-Qur’an dan al-Hadits, di mana sains Islam tersebut berbeda dengan sains Barat yang telah berkembang saat ini. Adapun perbandingan antara sains Barat dan sains Islam, yaitu :
No.
Sains Barat
Sains Islam
1
Percaya pada Rasionalitas
Percaya pada wahyu
2
Sains untuk Sains
Sains adalah sarana untuk mendapatkan
keridhoan Allah
3
Satu-satunya metode untuk
mengetahui realitas
Banyak metode berlandaskan akal dan
wahyu baik secara objektif dan subjektif
4
Netralis emosional sebagai prasyarat
Untuk menggapai rasionalitas
Komitmen emosional sangat penting untuk
Mengangkat usaha-usaha sains spiritual & social.
5
Tidak memihak, ilmuwan hanya peduli pada
Produk pengetahuan yang baru dan akibat-akibat penggunaannya.
Pemihakan pada kebenaran, ilmuwan harus peduli terhadap hasil-hasil dan akibat-akibat penemuannya secara moral, sebagai bentuk ibadah 























           


Karena Islam adalah agama sekaligus peradaban. Beberapa hal yang menjadikan perlu adanya Islamisasi ilmu pengetahuan , yaitu:

  1. ·       Bidang Politik : Umat Islam terpecah-pecah, kekuatan Barat telah berhasil memecah belah umat Islam dari yang berdiri sendiri bahkan yang berkelompok, bahkan saling bertentangan antara satu dengan yang lainnya.
  2. ·        Bidang Ekonomi : Umat Isalm belum maju dan terbelakang. Mayoritas anggotanya adalah orang-orang yang buta huruf. Produksi barang masih jauh dibawah kebutuhan, sehingga harus impor, kekayaan minyak yang berada di negara-negara Islam tidak bisa mensejahterakan rakyat.
  3. ·       Bidang Kultural : Kemerosoratan umat Muslim telah menyebabkan berkembangnya buta huruf, kebodohan dan tahayyul. Masyarakat muslim melihat kemajuan barat sebagai sesuatu yang mengagumkan, sebagian kaum muslim tergoda oleh kemajuan barat dan berusaha melakukan reformasi dengan cara Westernisai.

            Diharapkan dengan Islamisasi ini nantinya menyebar kepada masyarakat luas melalui karya-karya yang telah melalui proses Islamisasi / Diislamisasikan melalui  seminar atau dunia pendidikan , adalah upaya agar hasil kajian tidak menjadi hal yang sia-sia.

Pembahasan  :
  1. PENGERTIAN ISLAMISASI ILMU 
  2. PANDANGAN BEBERAPA TOKOH TENTANG ISLAMISASI ILMU
  3. TUJUAN ISLAMISASI ILMU
  4.  PENGAPLIKASIAN ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN
  5. IMPLIKASI ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN DALAM PENDIDIKAN
  6. LANGKAH-LANGKAH ISLAMISASI
     Untuk lebih jelasnya Download Dokumen Tentang Islamisasi Ilmu, Clik disini.



No comments:

Post a Comment

Sponsor