Saturday, June 8, 2019

Apa itu Islam ? Apakah Islam Keturunan Harus Bersyahadat lagi ?


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.



     "Islam adalah agama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang mengajarkan keimanan bahwa tidak ada Tuhan  (yang berhak disembah ) selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, berikut syariat yang telah diajarkan"


Apa Itu Islam ?

Islam adalah agama tauhid, yaitu agama Allah SWT  yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang mengajarkan keimanan bahwa tiada Tuhan ( yang berhak disembah ) selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, berikut syariat yang diajarkannya.

1. Secara Etimoligis

          Al-islam secara etimologi berarti الانقياد (Tunduk). Kata ini merupakan ثلاثى مزيد  dari kata  السلامة /  السلم  yang berarti التعرى من الافات الظاهرة والباطنة (terbebas dari wabah/ cela baik secara lahir maupun batin).

          Kata "Islam" berasal dari : Salima yang artinya selamat. Dari Kata itu terbentuk aslama yang artinya menyerahkan diri atau tunduk dan patuh. Dari kata aslama  itulah terbentuk kata Islam. pemeluknya disebut dengan orang Muslim. dan orang yang memeluk islam berarti menyerahkan diri kepada Allah dan patuh terhadap ajarannya.


2. Secara Terminoligi

           Secara terminologi (istilah, maknawi) dapat dikatakan bahwa islam adalah agama wahyu yang berintikan tauhid atau keesaan Tuhan yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusan-Nya yang terakhir. Ajaran -ajaran terkandung di dalam islam, mencakup Akidah, Syariah (Ibadah dan Muamalah), dan Akhlak. bersumberkan Al-Quran dan Sunnah.

          Makna - makna islam secara bahasa antara lain : Al istislam (Berserah diri), As salamah ( suci bersih), As Salam (Selamat dan sejahtera), As Silmu (Perdamaian), dan Sullam (tangga, bertahap, atau taddaruj).    

Bagaimana Masuk Islam ?

          Menjadi seorang yang beriman dengan islam atau disebut ssebagai muslim, dia harus mengucapkan dua kalimat syahadat (Syahadatain). tidak cukub beriman di dalam hati. Setelah bersyahadat dia harus membuktikan syahadatnya dengan melakukan bebagai amal ibadah yang diperintahkan allah serta menjauhi segala perbuatan yang dilarangnya.

Syahadat

          Syahadat adalah pintu gerbang menjadi seorang muslim. Dengan demikian,  orang yang mengaku muslim, namun tidak pernah bersyahadat, maka sesungguhnya dia bukanlah seorang Muslim.

Lafaz ikrar Syahadatain : 

اشهد ان لا اله  الا الله و اشهد ان محمدا رسول الله

"Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadarrasulullah"

Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

        Keimanan kepada Allah wajib dilengkapi dengan keimanan bahwa Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT. Inilah yang disebut Syahadatain.


Jadi Islam Keturunan, Haruskah bersyahadat lagi ?

           Jawabanya Tidak perlu lagi. Karena seseorang yang dilahirkan dari Orangtua Muslim, telah jelas keislamannya. Hal ini bisa bisa terlihat dan dibuktikan dalam ibadah hariannya. Seperti di dalam shalat. orang yang melaksanakan shalat, tentu saja di dalam shalatnya dia mengucapkan dua kalimat syahadat, bahkan bukan hanya  mengucapkannya sekali, tetapi berkali - kali, yaitu setiap kali melaksanakan shalat.

             Dengan demikian, Muslim keturunan , tidak perlu bersyahadat lagi.

No comments:

Post a Comment

Sponsor